Jumat, 14 Februari 2014

CARA MENGETAHUI BERAT BADAN SAPI BALI DENGAN UKURAN LINGKAR DADA

Artikel mengenai cara mengetahui berat badan sapi bali dengan ukuran lingkar dada ini sudah pernah saya posting sebelumnya, namun entah mengapa saat dicari lagi artikel tersebut sudah tidak dapat saya temukan lagi. Oleh karena itu, artikel ini saya posting kembali untuk menjawab pertanyaan rekan-rekan peternak maupun praktisi peternakan yang berhubungan dengan sapi bali. Dengan metode ini kita tidak perlu menghitung tinggu gumba dan memasukan rumus, cukup mencocokannya dengan tabel.
Mengetahui berat badan sapi merupakan pengetahuan yang penting bagi peternak. Hal ini dapat berfungsi sebagai indikator keberhasilan manajemen pemeliharaan ternak yang kita pelihara. Selain itu, mengetahui berat badan sapi juga penting agar  peternak tidak mengalami kerugian saat akan menjual atau akan membeli ternak sapi. 
Dalam artikel ini penulis hanya akan sedikit berbagi informasi cara mengetahui berat badan sapi dan khususnya sapi Bali. Adapaun cara mengetahui berat badan sapi terdiri dari 2 cara yaitu : Menggnakan timbangan sapi ataupun menggunakan teknik pengukuran badan yang kemudian dikonfersikan dengan berat badan sapi.
Pengukuran dengan menggunkan timbangan adalah cara yang praktis akan tetapi membutuhkan saran dan prasarana yang memadai. Timbangan sapi seperti ini umumnya hanya terdapat pada instalasi milik pemerintah namun tidak jarang pihak swasta juga memilikinya. 
Selain menggunakan timbangan, cara lain mengetahui berat badan sapi adalah dengan cara pengukuran lingkar dada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar